Sabtu, 06 Oktober 2012

LAMBANG GUDEP MTS




Deskripsi dan Arti Lambang
Lambang GUDEP Shalahudin Al-Ayubi dan Siti Fatimah Gerakan PRAMUKA MTsN Karang sembung,  berbentuk  perisai menyerupai pola berlian (diamond) dengan warna tengah merah dan putih. Dibagian atas lambang terdapat kalimat “ABYHASA WIRA SATYA” (bahasa sangsekerta) yang artinya  “disiplin berani dan setia” kalimat ini merupakan Dasadharma ke-8 yang dijadikan semboyan dan motto Gerakan Pramuka MTsN Karangsembung. Diatas warna merah putih itu terdapat bintang bersegi lima, Pena dari bulu yang bersilang dengan sangkur, dua buah tunas kelapa dan pita berwarna kuning dengan tulisan ”MTsN KARANGSEMBUNG”, sedangkan dibagian bawahnya ada pita berwarna hijau dengan tulisan nama GUDEP yaitu “SHALAHUDIN dan SITI FATIMAH”.

1.      Perisai berbentuk berlian :
Perisai adalah pelindung diri. Artinya anggota Gerakan Pramuka MTsN Karangsembung, senantiasa melindungi diri dari hal-hal yang tidak baik dan merusak, agar bisa bersinar seperti berlian yang memancarkan sinar keindahan.
2.      Warna tengah Merah Putih :
Persatuan Indonesia. Artinya anggota Gerakan Pramuka MTsN Karangsembung, siap membela dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan berani (merah)  dan setia (putih)
3.      Dua buah siluet tunas kelapa:
Lambang Gerakan Pramuka Indonesia. Artinya anggota Gerakan Pramuka MTsN Karangsembung, adalah Putra-Putri ibu pertiwi yang siap untuk tumbuh berkembang dan berkarya.
4.      Bintang segi lima :
Sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Pancasila. Artinya anggota Gerakan Pramuka MTsN Karangsembung, senantiasa menaati dan menjunjung tinggi norma-norma agama dalam kehidupanya berdasarkan Pancasila.
5.      Pena dari bulu:
Alat tulis jaman dahulu. Artinya anggota Gerakan Pramuka MTsN Karangsembung, senantiasa menuntut ilmu dan belajar sebagai bekal masa depan, agar hidup lebih baik.
6.      Sangkur atau pisau belati:
Alat untuk bertahan hidup (survival) dan membela diri. Artinya anggota Gerakan Pramuka MTsN Karangsembung, senantiasa  menyiapkan diri menghadapi kehidupan dengan mandiri.
7.      Warna hijau :
Kesejahteraan.  Artinya anggota Gerakan Pramuka MTsN Karangsembung, senantiasa berusaha menciptakan kesejahteran, melestarikan alam dan lingkunganya.
8.      Warna Kuning  Emas:
Mulia atau jaya.  Artinya anggota Gerakan pramuka MTsN Karangsembung, terus berjuang demi kemulian dan kejayaan agama, bangsa dan negara, layaknya Shalahudin Al –Ayubi  dan Siti Fatimah yang berjuang demi kemulian dan kejayaan agama Islam.

1 komentar: