Minggu, 04 November 2012

SENJATA PUSAKA



Senjata Pusaka (Golok Patimura) yang  akan turut serta menyukseskan KEMAH LATIH 2012


Rangkaian Penggunaan
1.      Diberikan kepada ketua pelaksana oleh Ka Mabigus saat upacara pemberangkatan di pangkalan MTsN Karangsembung, sebagai simbolis bentuk kepercayaan dilaksanakanya KEMAH LATIH 2012, oleh Ketua Pelaksana dan Panitia.

Makna Filosofi: Senjata rimba; (kapak, golok, pedang, sangkur dll) digunakan untuk merambah hutan, melindungi diri, dan sangat dibutuhkan dalam kegiatan di alam terbuka.
Diberikanya senjata rimba dari Ka Mabigus Kepada ketua pelaksana memiliki arti, bahwa Ka Mabigus sepenuhnya percaya akan terlaksananya KEMAH LATIH 2012, yang diselenggarakan oleh ketua pelaksana dan panitia, sekaligus memberikan tanggung jawab dan amanat kepada ketua pelaksana untuk senantiasa menjaga seluruh panitia dan peserta dari ancaman apapun selama pelaksanaan KEMAH LATIH 2012 berlangsung.

2.      Ditancapkan pada buah nyiur  oleh Pembina upacara, pada saat upacara pembukaan KEMAH LATIH 2012.

Makna Filosofi: Tancap; Kebulatan tekad bersama menyukseskan KEMAH LATIH 2012. KEMAH LATIH 2012 merupakan bentuk kegiatan Gerakan Pramuka Gudep Shalahudin Al Ayubi-Siti Fatimah MTsN Karangsembung, yang bertujuan menancapkan semangat kepanduan pada setiap anggotanya, seperti menancapnya senjata pusaka pada buah nyiur yang serba guna.

3.      Dicabut dari buah nyiur oleh Pembina upacara, pada saat upacara penutupan KEMAH LATIH 2012,

Makna Filosofi: Cabut; Terlaksananya KEMAH LATIH 2012 diharapkan memberikan pengalaman berharga dan ilmu yang bermanfaat bagi yang melaksankan dan mengikutinya, serta memberikan kesan yang mendalam bagi semua pihak yang ikut serta dan membantu. kesan itu akan tetap membekas, seperti bekas tancapan senjata pusaka pada buah nyiur.

4.      Diserahkan kembali kepada Ka Mabigus, di pangkalan MTsN Karangsembung.

Makna Filosofi: Serah; Selesai sudah tugas ketua pelaksana menyelenggarakan KEMAH LATIH 2012, semua tanggung jawab dan amanat yang diberikan kepadanya telah dilaksanakan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar